Kuliner: Gendar Petjel

Gendar Pecel dalam Pincuk
Gendar Pecel adalah makanan tradisional murah meriah yang cukup populer di Semarang, Ambarawa, Kendal, Salatiga, Boyolali, dan Solo. Seperti halnya Jenang Pecel, Gendar Pecel juga merupakan salah satu bentuk inovasi olahan pecel sayuran. Aneka sayuran berbalut bumbu kacang disajikan bersama gendar, olahan nasi semacam gethuk ketela tetapi dengan tekstur yang jauh lebih kenyal dan rasa gurih.

Sayuran dalam Gendar Pecel bisa bervariasi, tergantung selera dan ketersediaan. Yang sering digunakan antara lain: jembak (selada air), kecambah, kenikir, kecipir, bunga turi, kol, bayam, dan daun adas. Gendar Pecel biasanya dijajakan di pasar-pasar tradisional maupun keliling perkampungan. Biasanya Gendar Pecel disajikan dalam wadah dari daun pisang yang dinamakan pincuk.

Gendar Pecel di Salatiga juga mempunyai ciri khasnya sendiri, yakni diberi tambahan bongko. Bongko terbuat dari bahan dasar kacang tolo dan kelapa parut. Bahan-bahan tersebut dibumbui, dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kehadiran bongko dalam Gendar Pecel memberi tendangan rasa gurih yang menawan ketika disantap. Bongko ini sifatnya opsional, jadi anda bisa pun bisa memilih untuk tidak menambahkannya ke dalam Gendar Pecel. Sering juga Gendar Pecel disajikan dengan tambahan gorengan seperti mendoan, tahu susur, bakwan dan sebagainya.

Gendar Pecel dengan Tahu Bacem
Di daerah Kendal dan sekitarnya, GP atau Gendar Pecel biasanya mudah dijumpai ketika ada pertunjukan kesenian atau hiburan rakyat seperti wayang kulit, jaran kepang, atau bahkan ketika pilkades dan pertandingan sepak bola pun pasti ada yang menjajakan kuliner khas ini. Namun sayangnya kini kuliner GP tidak begitu diminati oleh anak-anak muda sekarang. Mereka lebih merasa modern jika menyantap pizza atau fast food lainnya. 

Jika anda ingin membuat sendiri Gendar Pecel berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya. Cara membuat Gendar Pecel sesungguhnya sangat sederhana, tak jauh beda dengan membuat pecel sayuran pada umumnya. Tapi banyak orang menyerah ketika sampai pada bagian membuat gendar. Memang proses pembuatan gendar ini agak sedikit tricky dan butuh ketelatenan. Tapi sedikit usaha sudah selayaknya diberikan demi mencicipi kelezatan Gendar Pecel yang nyaris punah.

Bahan Pecel:
  • Jembak (Selada air) satu ikat. Bersihkan, potong-potong, rebus, dan tiriskan.
  • Kecambah.  Bersihkan, rebus, dan tiriskan.
  • Kecipir. Bersihkan, potong-potong, rebus, dan tiriskan.
  • Bunga turi. Bersihkan, rebus, dan tiriskan.
  • Sambal pecel. Sudah banyak dijual di swalayan atau pasar tradisional, tinggal diseduh dengan air hangat.
Bahan Gendar:
  • Beras kurang lebih ¼ l .
  • Bleng** kurang lebih 1 ruas jari, sedikit saja. Larutkan dengan 2 sendok makan air hangat.
  • Garam secukupnya.
Cara Membuat Gendar:
  • Beras diaron sampai air menyusut. Setelah setengah matang angkat, lalu campurkan larutan bleng dan garam secukupnya. Aduk-aduk terus sampai merata. Diamkan terlebih dulu selama 10 menit, kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah matang, angkat adonan nasi dan tempatkan ke wadah yang cekung. Tumbuk adonan nasi sampai teksturnya halus.
  • Dinginkan. Dan gendar siap untuk dipotong-potong.
  • Selain dipadukan dengan pecel sayuran, gendar juga merupakan bahan dasar kerupuk karak/kerupuk nasi. Untuk ini gendar diiris tipis-tipis kemudian dijemur lebih dulu agar kering. Setelah itu baru bisa digoreng menjadi kerupuk karak.
Penyajian:

Potong-potong gendar sesuai selera, tata di dalam piring saji. Tambahkan aneka sayuran rebus di atasnya, kemudian siram dengan bumbu pecel/kacang.
Gendar Pecel siap disantap.
Bleng adalah adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak atau gendar. Nama lainnya adalah natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Fungsinya untuk mengembangkan atau mengenyalkan adonan.
Berhubung ada kontroversi mengenai pemakaian garam bleng dalam makanan, keberadaannya bisa diganti dengan air merang ataupun STPP (Sodium Tri-polyphosphate). STPP mempunyai fungsi sama sebagai pengembang dan pengenyal, serta lebih aman untuk makanan. Dengan konsentrasi yang sama, bahan tersebut tidak mempengaruhi kesan fisik dan rasa Gendar.

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1