Kopi lagi | Lagi ngopi: Tips Membuat Kopi Tubruk Enak



gambar dari: blogspot.com
Bagi pecinta kopi, dapat menikmati kopi yang enak merupakan keharusan. Minuman hitam ini memang sangat nikmat, wangi aromanya dan mantap rasanya. Sayang sekali kalau kopi hanya untuk pengusir kantuk, walau memang terbukti secara klinis kafein dapat menstimulus otak. Tapi kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari minum kopi sekaligus menikmatinya itu jelas lebih baik tentunya. Kami akan berbagi tips cara membuat kopi tubruk yang enak untuk Anda. Ikuti setiap langkah berikut ini,

  1. Siapkan cangkir kesayangan Anda beserta lepek atau tutup cangkir. Ini sangat penting, karena kopi yang nikmat harus berada di cangkir yang istimewa. 
  2. Siapkan kopi bubuknya, letakan dekat cangkir Anda. Jangan buka kopi bubuk Anda dulu dari tempat penyimpanan, tahan sebentar.
  3. Masak air hingga mendidih, kopi tubruk perlu air yang benar-benar panas untuk ekstrasinya.
  4. Sekarang baru buka kopi bubuk Anda, lalu masukan kopi bubuk ke dalam cangkir dengan takaran 1 sendok makan penuh atau kalau anda mempunyai timbangan ukur 10gr untuk air 180 ml (ukuran cangkir standar). Anda jangan masukan bubuk dulu baru memasak air, tapi tunggu air mendidih terlebih dahulu baru memasukan kopi ke dalam cangkir.
  5. Tuang air dengan sedikit gerakan memutar agar kopi tercampur sempurna.
  6. Tutup cangkir dengan lepek atau tutup cangkir tunggu hingga kurang lebih 3 menit.
  7. Setelah 3 menit buka tutupnya, Anda akan merasakan harumnya aroma kopi menyebar memenuhi ruangan.
  8. Tambahkan gula menurut selera. 
  9. Aduk kopi hingga rata. 
  10. Kopi istimewa hasil racikan Anda siap untuk dinikmati. :)



Proses membuat kopi ini baru bisa dikatakan sukses kalau kopi Anda mengeluarkan crema (busa yang kental seperti di espresso). Bagaimana kalau tidak ada busanya? kemungkinan usia kopi bubuk tersebut sudah lama.

Dengan mengikuti tiap langkah sesuai tips ini, Anda akan mendapatkan kopi tubruk yang lebih wangi dan nikmat. Tapi untuk mendapatkan hasil kopi yang enak itu memang tidak mudah, butuh perlakuan exstra untuk kopi Anda. 

Hasil sangat dipengaruhi dari kopi Anda, bagaimana penyimpanannya dan usia kopi setelah di roasted, kalau sudah lama disimpan pasti tidak bagus. Menurut kami seharusnya setiap orang itu bisa membuat kopi yang enak di rumah, karena Anda berhak untuk dapat menikmati kopi yang istimewa. 

Bagaimana menurut Anda? 





Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo