Hidup Adalah Perjalanan Bukan Tujuan



Sebenarnya apa yang dicari disisa kehidupan manusia di dunia ini? Tak ada seorangpun yang bisa memberikan jawaban dengan pasti. Semuanya terjebak dalam dualisme pemikiran yang abadi, mungkin hakiki. Tak pelak, kita selalu berada dalam hipokrasi yang dipiara hingga menyesaki relung nurani. Tak urung kita terjepit dalam kondisi yang pasti membuat kita "mati".

Mau atau tidak, kita selalu memberikan khotbah-khotbah berisikan janji. Namun kita sendiri menjalani hari dengan mimpi. Kemunafikan yang terjadi. Sering kita berceramah membicarakan materialisme kita teriakkan itu tidak dibutuhkan dalam menjalani kehidupan, namun acapkali kita memamerkan nafsu kebendaan kita yang kita beritakan sebagai sebuah keberhasilan.

Naif memang. Tapi itu adalah kenyataan. Kenyataan dari sebuah perjalanan yang sangat singkat. Yang mungkin kurang terasa nikmat jika kita tidak terpikat. Terpikat pada sebuah tujuan yang nisbi, bahkan fana ketika kita berjalan menghabiskan sisa waktu yang hampir segera habis masanya.




Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo