Kopi lagi | Lagi ngopi: Turkish Coffee a la Lek Son a.k.a Bang Tigor

Ibrik
Apa itu Turkish coffee? Jelas, orang awam tahu kalau itu adalah “Kopi Turki” lalu Turki yang mana? Turun kiri-kah atau Negara Turki di benua Eropa sana? Hehehe … Tak perlu berpanjang lebar mengenai apa itu Turkish coffee, yang penting sebutan itu adalah sebagai sebuah teknik atau metode atau cara dalam menyajikan minuman kopi yang baik dan benar (sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan).

Lalu apa keistimewaan kopi Lek Son (koordinat GPS di -7.106714,110.283253) ? Jelas sitimewa! Karena kopi disini diramu dengan rempah-rempah yang berkhasiat dan yang pasti saya boleh ngutang di sini … Lalu bagaimana cara atau teknik pembuatan minuman kopi dengan Turkish coffee? Berikut ini adalah cara step-by-step dalam membuatnya, check it out!

Menyeduh kopi dengan Ibrik (sebuah alat seperti panci kecil) itu penuh dengan kejutan. Agak sedikit merepotkan dan seringkali busanya meluap dan mengotori kompor, tapi aromanya memenuhi dapur dan ruangan.

Membuat kopi Turki tidak sulit, walau agak unik karena kita harus selalu memperhatikan busa atau foam yang akan naik dengan cepat lalu cepat2 menjauhkan ibrik dari api, hingga 3 kali. Metodenya sederhana, tuang air dingin satu gelas atau sekitar 150-180ml ke dalam ibrik, masukan kopi satu sendok makan penuh dan gula, serta rempah bila suka, lalu panaskan di atas kompor dengan menggunakan api kecil.

Referensi: http://www.cikopi.com/

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo