7 Landmark Misterius

Stonehenge
1. Stonehenge, Inggris

Siapa tak kenal Stonehenge? Inilah salah satu sisa peninggalan sejarah yang ada di Wiltshire, Inggris. Stonehenge merupakan bangunan yang terdiri dari batu yang berdiri dan membentuk lingkaran.

Yang menarik, di balik batu kokoh ini ternyata masih tersimpan misteri yang belum terpecahkan. Misteri itu adalah asal usul keberadaan bangunan karena tidak ada petunjuk sama sekali tentang sejarah dibuatnya bangunan.

Sphinx di Piramid Giza
2. Sphinx of Giza, Mesir

Saat liburan ke Mesir rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke Piramida Giza. Tapi selain itu, masih ada lagi landmark Mesir yang harus Anda lihat, yakni Sphinx. Ini adalah patung tubuh singa berkepala manusia.

Meski Sphinx of Giza sangat terkenal di seluruh dunia, bangunan ini tetap menyimpan misteri. Masalahnya, baik penduduk sekitar atau pun ilmuwan tidak ada yang tahu secara pasti kapan, bagaimana, dan siapa yang membuatnya.



The Georgia Guidestone
3. The Georgia Guidestones, AS

The Georgia Guidestones dikenal sebagai Stonehenge-nya AS. Jika dilihat strukturnya memang sedikit mirip seperti Stonehenge di Inggris. Bukan cuma itu, bangunan ini ternyata juga menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

Lagi-lagi misteri yang ada seputar alasan bangunan ini dibuat. Bukan cuma itu, ilmuwan juga mengaku belum tahu dengan jelas apa tujuan dibuatnya The Georgia Guidestones. Namun, beberapa ahli mengatakan bangunan ini dibuat untuk membantu masyarakat korban bencana nuklir.

Patung di Pulau Paskah
4. The Easter Island Moai

Salah satu ikon di Kepulauan Pasifik adalah patung Moai. Patung ini berbentuk seperti tubuh manusia yang diperkirakan dibuat antara tahun 1250 dan 1500. Namun, patung tak hanya ada satu tapi juga beberapa yang tersebar di dalam pulau.

Yang jadi misteri adalah soal pembuatan dan cara menyebar patung. Menurut ilmuwan, Moai berasal dari Rano Raraku di Chili. Yang jadi misteri adalah bagaimana cara orang-orang zaman dahulu memindahkan patung, karena berat patung ini berton-ton.

Sacsayhuaman - Peru
5. Sacsayhuaman, Peru

Peru tak hanya terkenal lewat Machu Picchu, tapi juga landmark kerennya yang dinamakan Sacsayhuaman. Inilah bangunan yang terdiri dari tumpukan batu dengan pola zig zag di sepanjang lereng bukit.

Kebanyakan ilmuwan setuju kalau Sacsayhuaman adalah benteng pertahanan. Namun pendapat ini masih diperdebatkan, karena Sacsayhuaman berbentuk yang unik. Akhirnya, sebagian ilmuwan lagi berpendapat kalau bangunan ini merupakan simbol tertentu.

Goseck Circle
6. Goseck Circle, Jerman

Salah satu landmark yang paling misterius di Jerman adalah Goseck Circle. Inilah lingkaran yang terbuat dari tanah, kerikil, dan pagar kayu. Bangunan ini dianggap sebagai contoh peradaban primitif observatorium cahaya.

Melihat konstruksi Goseck Circle, ilmuwan beranggapan kalau landmark ini dibuat untuk menentukan kalender dengan menggunakan cahaya matahari. Namun, ini masih anggapan sebagian orang, selebihnya masih meragukan anggapan ini.


Nazca Line - Peru
7. The Nazca Lines, Peru

Nazca Lines atau Garis Nazca adalah pola garis yang dibuat di atas gurun pasir Nazca di Peru. Lukisan pasir ini mencakup area seluas 50 km dan diduga dibuat antara tahun 200-700 Masehi oleh penduduk asli Nazca.

Anehnya, pola garis yang terbentuk tetap utuh meski telah berumur ratusan tahun. Sayangnya, sampai saat ini ilmuwan belum tahu mengapa pola garis ini dibuat. Namun, beberapa orang menganggap pola ini merupakan simbol keyakinan Suku Nazca ketika itu.



Sumber: Detik.com -- 7 Landmark Misterius

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo