Kuliner: Cumi Hitam Manis

Cumi Hitam Manis Pedas
Jangan lihat tampilannya. Meskipun hitam kuliner ini lezat mantap. Cumi atau calamari yang dimasak dengan tintanya akan menjadikan hasil masakan lebih gurih dan sedap.

Bahan

Cumi 1/2 kg (paling enak kalau cuminya ada telurnya)
Daun salam 1 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Air matang kurang lebih 100 ml
Gula
Garam
Minyak goreng 2 sdm (untuk menumis)



Bumbu Halus

Cabe merah kriting 5 buah (banyaknya sesuai selera mau pedas atau tidak)
Cabe rawit merah 3 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 5 butir
Jahe 1 cm
Kunyit 2 cm
Sereh 1 batang
Lengkuas 1 cm

Cara Pembuatan

Cumi dibersihkan dengan cara menarik kepala cumi keluar dari badannya. kemudian buang kotoran2 yang ada didalam badannya. Buang mulut cumi. Buang bagian yang nampak transparan seperti palstik panjang yang menempel pada tubuh dalam cumi. Tinta cumi jangan dibuang.

Setelah cumi bersih masukkan kembali kepala cumi ke dalam badannya dengan menyematkan badan cumi menggunakan lidi. Tetapi bila susah, tidak perlu, cukup letakkan kepala cumi di dalam badan cumi.

Tumis bumbu halus hingga harum,tambahkan daun salam dan daun jeruk serta lengkuas ke dalam tumisan. Setelah itu masukkan cumi yang telah bersih ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga bumbu merata. cumi ini akan menghasilkan air ketika dimasak, jadi tambahkan air sedikit saja.

Jangan lupa juga untuk menambahkan gula dan garam. Masak cumi dengan api sedang hingga air menyusut dan cumi matang. Memasak dengan api sedang diperlukan agar cumi yang dihasilkan tidak alot (keras) dangingnya.

Selamat mencoba.

NB

Masakan cumi yang akan dihasilkan berwarna hitam, ini berasal dari tinta cumi yang tidak dibuang. Jika tidak suka boleh dibuang tintanya. Tetapi sebenarnya tinta cumi ini yang membuat rasa masakan ini menjadi nikmat.
Jika suka kuliner pedas, maka jumlah cabe bisa ditambah.
Kalau kerepotan untuk menghaluskan bumbu2. Bumbu2 halus tadi bisa diiris2, jadi lebih mudah.(sumber)

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo