Sikap



Mungkin ini tidak menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Namun bagiku ini menjadi modal utama dalam menentukan masa depan. Mengapa demikian? Karena sikap kita akan menjadi pedoman orang lain untuk menentukan kita pantas atau tidak. Seringkali orang tidak menyadari sikap atau perilaku yang ditunjukkannya, baik itu secara privat dan personal ataupun ketika berada di ruang public.

Mungkin orang lain memandang rendah kita karena sikap kita tidak bersesuaian dengan idealisme mereka, namun setidaknya kita menunjukkan apa yang menjadi kepribadian kita tanpa merendahkan harkat dan martabat orang lain. Kita bersikap dan berperilaku yang sama-sama menghormati ketika kita berinteraksi dengan orang lain, baik itu personal maupun dalam interaksi yang lebih luas sebagai masyarakat.

Dan sikap serta perilaku kita yang pasti akan menentukan nasib dan jalan hidup yang kita jalani. Tidak bisa tidak, ini adalah suatu hal yang mutlak. Ketika orang lain menentukan dan memulai suatu interaksi dengan kita. Sikap kita buruk, maka kita akan dapatkan hal yang lebih buruk dari perilaku kita. Sebaliknya jika kita bersikap yang baik atau setidaknya kita bersikap wajar dan saling menghormati maka kita pasti menerima balasan yang memuliakan kita dan orang-orang yang berinteraksi dengan kita.

Semoga.

Edisi kenthir. Boja, 07 Januari 2014

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo