Kopi lagi | Lagi ngopi: Membuat Cappuccino Tanpa Steamer dan Coffee Maker

Secangkir Cappuccino
Kopi, adalah minuman yang memasyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dan dari bahan ini bisa dibuat beraneka ragam jenis minuman yang tentunya menyegarkan dan membuat kita merasa nyaman. Antara lain kopi tubruk dan cappuccino, biasanya cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. 

Dan mungkin kita sebagai orang awam mengenal cappuccino sebagai salah satu varian kopi yang mudah didapatkan di warung-warung terdekat sebagai produk instan. Namun ada baiknya kita mencoba cara baru membuat cappuccino secara tradisional tanpa steamer dan coffee maker alias nikmat tanpa ragad (biaya) yang menjerat :)

Baiklah coffee lover tak perlu banyak waktu lagi, berikut ini adalah cara mudah membuatnya:
  1. Persiapkan peralatan untuk memasak air dan susu sebagai bahan campuran cappuccino. Seperti kompor, cerek atau teko, dan siapkan juga air bersih yang hygiene untuk menyeduh kopi.
  2. Jangan gunakan sembarang susu, apalagi susu kuda liar atau susu yang sudah expired alias basi. Untuk membuat cappuccino yang nikmat, gunakan susu plain UHT alias susu kardusan yang siap sedot. Mudah kok untuk mendapatkannya, bisa dibeli di warung Pakdhe Joyo atau Mbok Kromo.
  3. Sediakan kopi bubuk hitam tanpa campuran lain-lain, buatlah cairan kopi dengan metode drip atau saring. Lebih mantap hasilnya jika dibuat dengan menggunakan metode drip atau menuang air ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring atau kain yang bersih, menuju ke teko tempat kopi akan ditampung (klik sini untuk referensi teknik drip).
  4. Rebus susu UHT yang sudah dibeli tadi hingga mendidih, kemudian masukkan setengah dari rebusan susu tadi ke termos kecil, tutup rapat kemudian dikocok-kocok dengan cepat sekitar 30 detik. Setelah proses pengocokan itu, nanti susu akan muncul buih-buih/busanya/foamnya. metode ini digunakan untuk memberi foam pada kopi cappuccinonya, dan supaya rasanya menjadi smooth.
  5. Kemudian siapkan cangkir ukuran 300 ml, tuang 100 ml kopi tubruk yang sudah jadi tadi, 100 ml susu panas, kemudian 100 ml atau secukupnya busa susu yang sudah dibuat tadi. Kemudian hias dengan taburan cokelat bubuk.
Oalaa .. cappuccino yang anda buat sudah siap dihidangkan dengan sepotong kue atau makanan ringan sejenisnya. (sumber)

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo