Memotong Daging Sapi

Memotong daging -- livestockreview.com
Daging sapi memiliki sifat yang berbeda dengan daging ayam. Oleh karena itu, memotong sapi memerlukan sedikit tambahan tenaga karena lebih sulit. Daging sapi memiliki tekstur dan serat yang lebih tebal dibanding ayam. Selain itu, pada seekor daging sapi memiliki banyak bagian yang bisa dimanfaatkan untuk dimasak. Tiap bagian, termasuk dagingnya, memiliki karakteristik tersendiri.

Perbedaan karakter tiap bagian daging ini membuat peruntukkannya untuk masakan juga berbeda.

Jika Anda ingin membuat sop atau masakan rebusan lain, daging sapi yang yang cocok digunakan adalah bagian perut. Di bagian tersebut dari sisi harga cukup murah dan seratnya kasar. Dagingnya juga mudah empuk. Sebutan lain untuk bagian ini adalah finak atau samcan.

Sementara itu, untuk penggemar masakan steak, daging sapi yang pas untuk dipakai adalah rump.

Rump sendiri memiliki tiga bagian utama yaitu rumptop, chateaubriand steak, dan rumpsteak. Dua bagian yang terakhir adalah yang umum digunakan untuk membuat steak. Chateaubriand steak memiliki daging yang cukup empuk dan harganya mahal. Sementara rumpsteak memiliki aroma yang paling baik untuk dipanggang sebagai steak. Daging rumpsteak mempunyai lemak dan tanpa tulang.

Terkait cara memotong daging sapi yang cukup alot, ada teknik yang sebaiknya dipahami. Cara ini membuat pemotongan daging berjalan lebih cepat dan potongan dapat mengikuti keinginan Anda. Tekniknya yaitu:
  1. Bersihkan dahulu lemak, serat, atau selaput keras yang ditemukan masih menempel pada daging. Setelah itu, Anda bisa memotongnya sesuai dengan keinginan.
  2. Perlu diperhatikan, cara memotong daging sapi yang betul yaitu berlawanan arah serat daging Alasannya, jika Anda memotong secara vertikal atau mengikuti arah serat, maka daging bisa menjadi kenyal dan alot ketika dimasak.
  3. Perlu dilakukan pemisahan jika daging yang ada di hadapan terdiri dari beberapa bagian otot daging. Setiap bagian otot memiliki arah serat yang berbeda. Jika antar bagian masih menempel, potong dahulu sesuai selaput pembatas otot. Kemudian, Anda baru bisa memotongnya melintang sesuai arah serat daging.
Cara memotong sapi mudah dilakukan jika mengenal teknik yang perlu dikuasai. Jangan lupa juga untuk mempelajari karateristik masing-masing bagian daging sapi yang cukup beragam, agar Anda mendapatkan masakan dengan citarasa tepat. Berikut cara memotong daging yang benar.
  1. Siram daging dengan air dingin namun jangan terlalu lama agar juicy-nya tidak hilang lalu letakkan di talenan.
  2. Gunakan pisau khusus daging untuk memotongnya. Buang lapisan lemak daging, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memotongnya karena lemak sangat menempel pada daging.
  3. Pangkas bagian daging yang menurut Anda tidak akan dikonsumsi. Potong sedikit saja, pegang bagian tersebut, kemudian tangan lain memotongnya, usahakan jangan sampai terputus. Cara potongnya, Anda harus memiringkan pisau, ulangi pada bagian lainnya.
  4. Setelah semua sudah dibuang, taruh daging pada posisi horizontal, potong daging dari arah kiri ke kanan. Potong daging sesuai keinginan, baik itu akan diolah dengan ditumis maupun olahan lainnya.
Referensi:

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo