Mau Mengolah Jeroan Kambing? Perhatikan Hal Penting Ini!

gambar dari detik.com
Jeroan kambing seperti hati, usus, ginjal, paru enak diolah menjadi gulai atau kari. Untuk mengolahnya perlu ditangani khusus. Agar jeroan jadi empuk dan enak aromanya.

Tiap jenis jeroan perlu dibersihkan dan direbus terpisah lebih dahulu hingga setengah matang. Pastikan memakai bumbu yang lengkap agar rasanya enak. Tangani jeroan kambing dengan cara ini sebelum diolah

Usus

Usus kambing rasanya gurih empuk. Bersihkan seluruh isi usus di bawah air mangalir hingga benar-benar bersih. Jika perlu sayat membujur dan bilas hingga bersih. Perciki air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat agar aromanya lebih segar. Kemudian rebus hingga matang.

Hati

Hati kambing bisa langusng diolah, dibuat sate atau tumisan. Pastikan semua bagiannya berwarna cokelat merata. Hindair mengolah hati kambing yang kehitaman atau rusak atau cacat. cuci bersih, buang bagian otot yang keras di ujungnya. Potong-potong dan olah sesuai selera. Perciki air jeruk nipis agar tak anyir aromanya.

Paru

Seperti paru sapi, paru kambing perlu direbus lama agar empuk. Cuci di bawah air mengalir lalu tiriskan. Buang bagian yang keras. Rebus dalam air mendidih yang diberi beberapa lembar daun salam agar aromanya lebih harum. Setelah empuk, potong-potong dan olah dengan bumbu sesuai selera.

Ginjal

Ginjal yang kenyal dan gurih enak diolah sebagai campuran gulai. Bersihkan lemak yang menempel lalu belah dua dan cuci hingga bersih. Rebus ginjal dengan air mendidih bersama serai dan daun salam hingga empuk dan harum. Setelah ini bumbui dan olah sesuai selera.

Kepala

Kepala kambing paling enak dibuat sup. Setelah dibersihkan, belah kepala menjadi dua bagian. Rebus dalam air mendidih yang diberi beberapa lembar daun salam hingga seluruh bagiannya empuk. Rebus kembali dengan bumbu gulai atau sup hingga meresap dan empuk benar.(sumber)

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo