Pecel Keong: Maknyus!

   

   

Semua mesti penasaran akan kuliner pecel yang "ekstrem" ini. Tapi yo nggak ekstrem banget lah, wong ini juga salah satu bahannya bisa dikatakan masih bersaudara dengan kuliner mewah orang Perancis, escargot. Tau to apa itu escargot? Ya bekicot, kalau ini adalah keong yang menjadi bahan pelengkapnya.

Pecel keong, adalah kuliner pecel biasa yang ditambah dengan menu masakan dari keong. Keong yang ditambahkan dalam menu pecel ini tentunya bukan keong mentah atau hanya direbus belaka. Melainkan sudah dimodifikasi sedemikan rupa sehingga menarik minat para pelaku keplek ilat.

Keong yang sudah diambil dagingnya (dan sudah dibersihkan tentunya) dimasak oseng dengan sentuhan murni Jawa yakni dengan bumbu kunyit, jahe, cabe dan beberapa bumbu rahasia lainnya (jarene bakule dab). Tentunya akan menambah gizi dan lezatnya kuliner yang satu ini.

Tempat yang menjual sajian pecel yang unik ini adalah Warung Makan Mbak Toen yang terletak di dekat obyek wisata pemandian dan pemancingan Muncul. WM Mbak Toen sering menjadi tempat singgah para pelancong yang melewati jalur alternatif Salatiga-Ambarawa.

Selain kuliner pecel keong bro, disini juga bisa ditemukan menu lainnya yang tak kalah maknyus, seperti belut goreng, oseng  belut, ikan goreng, dan macem-macem lainnya. Ada lagi yang menjadi signature dish disini yakni kolak ketan. Kolak pisang yang maknyus ditambah dengan legit ketan pulen yang menggelora. Wis to pokoke joss!

Untuk harga, pecel keong dibanderol 5 ribu, pecel belut 6 ribu, dan pecel mujair/lele 8 ribu. Sedangkan es kolak ketan 3 ribu. Murah kan?

Sumber
http://galuhisme.tumblr.com/post/897420914/inilah-makanan-ekstrem-yang-saya-sukai-pecel
http://djangki.wordpress.com/2013/01/18/pecel-keong-rawa-pening/
http://pesonarawapening.wordpress.com/2012/02/13/w-m-mbak-toen/ 
http://www.kabarkuliner.com/pecel-keong-mbak-toen-muncul-salatiga/
http://mangkatnekat.wordpress.com/2011/04/23/pecel-keong-mbak-toe/

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Hasil Produk Pemotongan Ayam Broiler

Diagram Bagian-Bagian Daging Sapi Bagian #1

Sejarah Desa Boja: Mataram Kuno hingga Jaman Wali Songo